Selasa, 24 April 2012

Chocodot: Primadona Baru Kota Garut


Chocodot: Primadona Baru Kota Garut
Lidah anda mungkin sudah tidak asing dengan aneka olahan coklat lansiran berbagai produsen coklat ternama asal Swiss. Namun pernahkan anda mencoba olahan coklat yang berpadu dengan sensasi rasa kuliner khas Nusantara? Jika anda penasaran, coklat asal Kabupaten Garut ini wajib anda coba.

Selain terkenal akan panorama keindahan alamnya, Kabupaten Garut, Jawa Barat terkenal akan kekayaan kuliner yang tidak kalah menariknya dengan keindahan alamnya. Sebut saja dodol, sebagian orang bahkan telah menganalogikan dodol dengan Garut, karena jenis makanan dodol sudah menjadi ciri khas dan menjadi salah satu icon makanan untuk kota Garut.

Seiring perjalanan waktu, dunia kuliner Garut mengalami banyak perkembangan. Salah satunya adalah kreasi kuliner Kiki Gumelar. Putra Garut yang satu ini membuat sebuah terobosan baru di bidang kuliner dengan dasar pemikiran tidak meninggalkan tradisi makanan khas Garut (dodol). Maka terciptalah olahan baru dodol yang telah dikombinasikan dengan coklat. Olahan dodol dan coklat tersebut lalu ia namakan Chocodot (chocolate with dodol Garut).

Pada dasarnya chocodot memiliki bahan dasar dark chocolate atau white milk chocolate yang dikombinasikan dengan bahan dodol asli Garut. Kombinasi kedua bahan tersebut rupanya mampu menciptakan satu sensasi rasa baru yang unik di lidah. Terbukti kini chocodot mulai menjadi incaran utama para wisatawan yang berkunjung ke Garut.

Imelda misalnya, wisatawan asal Cikeas Bogor yang menghabiskan masa liburan akhir tahunya di Cipanas Garut tersebut menuturkan jatuh cinta pada chocodot sejak gigitan pertama.

“Dulu pernah dikasih sama tetangga. Awalnya saya sempat ragu soalnya memang kurang suka sama dodol Garut, pas dicoba ternyata rasanya enak. Makanya kalau ada kesempatan ke Garut pasti borong chocodot sama brownies dodol,” ujar Imelda kepada saya.

Selain mengkombinasikan coklat dan dodol Garut, beberapa varian chocodot juga berkombinasi dengan panganan khas Garut lainya. Chocodot edisi jeruk Garut misalnya, kelembutan coklat yang berpadu dengan manisnya jeruk Garut tersebut mampu menjadi primadona para wisatawan. Selain edisi jeruk Garut masih ada beberapa varian chocodot lainya seperti chocodot Gunung Talaga Bodas yang berbahan dasar white milk chocolate, chocodot Gunung Papandayan, Gunung Cikuray, Gunung Guntur, Gunung Haruman, Cipanas dan Candi Cangkuang. 

Untuk dapat menikmati sensasi kelezatan chocodot ternyata tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Chocolate with dodol Garut bisa didaptkan dengan harga Rp. 15.000 untuk kemasan kecil hingga Rp. 25.000 untuk kemasan ukuran besar. Cukup murah bukan? 

Saung Cokelat
 Jl. Babakan Salaawi no. 25 Cipanas, Tarogong, Kabupaten Garut
telp. 0262-9176767

Waroeng Cokelat Intan
Jl. Otista No.72A Tarogong Garut Jawa Barat 
telp. 0262-9126767

d'Jieun Tjokelat
 Jl.Otista No 2 Pasawahan Tarogong Garut Jawa Barat 
telp. 0262-9239090

Tidak ada komentar:

Posting Komentar